Cara Memotifasi Dan Meningkatkan Kinerja Pegawai
Setiap pekerjaan baik itu yang berukuran kecil, sedang, terlebih lagi yang berukuran besar niscaya membutuhkan yang namanya karyawan, pegawai ataupun pekerja.
Apapun bentuk dan jenis pekerjaannya mau itu kantoran, rumahan, toko, dan segala macam perjuangan yang lain maka pekerja merupakan media penopang utama yang juga ikut menentukan keberhasilan sebuah usaha tersebut. Yang niscaya setiap kesuksesan besar yang dicapai perusahaan tidak lepas dari tugas pegawai dan orang orang yang telah bersusah payah dibaliknya tergolong karyawan.
Sayangnya dalam beberapa perkara kadang kita merasa beberapa karyawan kita sepertinya kurang “termotivasi” dalam mengerjakan peran tugasnya, sehingga kurang menunjukkan hasil mirip yang kita kehendaki. Bertahun tahun menjadi pegawai mengakibatkan saya sedikit banyak mengenali alasan kenapa kita sebagai pegawai kadang merasa
Ah buat apa aku kerja sulit sukar, toh yang kaya bos ini bukan saya!!
Dan ternyata hal ini juga bukan Cuma saya yang mengalami banyak kawan mitra yang lain yang juga mencicipi perasaan yang sama.
Hal seperti ini lazimnya terjadi alasannya kurangnya respect (rasa hormat) karyawan kepada orang ataupun pemilik perusahaan tempatnya bekerja karena merasa kurang suka dengan pemilik perjuangan tersebut.
Nah berikut ini tips yang mampu anda pakai selaku tumpuan untuk memotivasi karyawan anda supaya selalu semangat dalam pekerjaan.
Daftar Tulisan
10 Cara mengembangkan kinerja karyawan :
1. Memberikan Contoh baik dan jadilah acuan
Hal pertama yang terpenting yakni memberikan contoh yang bagus kepada karyawan agar bisa dijadikan contoh.
Pekerja itu umumnya akan cenderung bekerja dengan memperhatikan cara bos atau atasannya bekerja, bila dirasa bos nya itu pemalas, dikit dikit menyuruh, dan sayang dengan tenaga. Maka bisa ditentukan pekerja juga akan “ogah ogahan” melaksanakan apa yang telah ditugaskan oleh atasannya.
Justru sebaliknya jikalau bos nya saja rajin, sering turun tangan langsung dan tidak segan untuk menolong dan melakukan pekerjaan karyawan justru nantinya karyawan akan merasa sungkan alasannya merasa tidak lezat jika bermalas malasan.
Apalagi jika anda berada di sekitarnya, mereka akan berupaya sebaik mungkin agar dilihat baik juga dimata anda.
2. Tunjukkan bahwa anda dan mereka selaku pekerja saling memerlukan
Pekerja itu bahagia jikalau merasa dihargai dan memang sudah selayaknya kita selaku atasan menghargai mereka, alasannya tanpa mereka kitapun mustahil bisa mengerjakan bisnis kita sendiri dengan baik.
Sekecil dan sesepele apapun pangkat dan kontribusi pekerjaan mereka kita tetap harus menghargainya.
Jangan mentang mentang kita bos kita semenang menang dengan bawahan, terutama dengan bawahan yang kita anggap tidak terlalu di perlukan.
Misalnya saja seperti cleaning service, bayangkan kalau kantor tanpa mereka? niscaya kita akan kesulitan karena mesti membersihkan kawasan kerja sendiri.
3. Buat Pegawai Anda sungkan
Membuat orang lain sungkan terhadap kita bukan bermakna membuat mereka takut apalagi hingga tidak menyukai kita. sungkan itu lebih terhadap rasa takjub dan hormat yang di tujukan seseorang terhadap kita.
Normalnya setiap pekerja itu niscaya mempunyai rasa segan (sungkan) terhadap atasan, namun seiring berjalannya waktu sang mereka juga akan menyesuaikan diri kepada orang tempat mereka bekerja. Seberapa anda disegani karyawan sesungguhnya tergantung bagaimana anda bersikap sehari harinya jai usahakan buatlah kesan yang faktual selalu dimata karyawan.
Cerdaslah dalam menempatkan diri dan bergaul dengan karyawan, saatnya melakukan pekerjaan ya serius melakukan pekerjaan saatnya bercanda yang bercanda, dengan begitu anda tetap bisa di sukai dan dihormati karyawan.
4. Tunjukkan doktrin anda terhadap pegawai
Orang itu sangat bahagia bila merasa dipercayai untuk itu jangan ragu untuk menunjukkan akidah terhadap karyawan anda, dan yakinlah bahwa karyawan anda mampu menunjukkan yang terbaik.
Tapi walaupun anda percaya harus selalu di kontrol juga apakah karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya dengan baik atau justru sebaliknya.
Jangan ragu untuk menegur dan memberi pesan tersirat jikalau dirasa ada yang kurang baik.
5. Jangan terlalu perkiraan dengan karyawan
Bos yang pelit dan perkiraan ialah bos yang sangat di benci oleh semua karyawan. Makara jangan pernah menjadi bos yang pelit, perhitungan boleh namun jangan hingga keliatan pelit.
Ciri ciri bos pelit ini yakni :
- Karyawan sering ganti karena sering tidak tahan.
- Terlalu perhitungan terutama jikalau sudah menyangkut uang, meskipun jumlahnya tidak seberapa.
- Sering dijadikan bahan percakapan karyawan.
tidak akan membuat rugi kok bila sesekali mentraktir karyawan, membelikan gorengan, atau minuman pas istirahat. Karena keuntungan yang anda dapatkan juga kan datangnya bahu-membahu dari karyawan.
6. Jadikan pegawai anda teman saat diluar pekerjaan
tidak ada salahnya berteman baik dengan karyawan sendiri, toh saban hari kita bakalan ketemu. Selain itu dekat dengan karyawan akan memperlihatkan anda keuntungan diantaranya seperti lebih perihal sifat dan perilaku karyawan kita, menghilangkan jarang dan rasa canggung saat berkomunikasi, dan masih banyak hal faktual yang lain yang bisa diperoleh bila kita berteman dengan karyawan.
7. Sesekali berikanlah bonus dan gaji suplemen
Siapa sih yang tidak senang diberikan bonus?
tidak harus saban hari minimal saban hari besar mirip idul fitri, dan hari raya berilah bonus kepada karyawan agar mereka bahagia.
Jika mereka senang dan merasa bila perjuangan atau usahanya anda elok mereka dapat bonus mereka akan termotivasi untuk berupaya semaksimal mungkin supaya perjuangan anda bagus dan mereka mampu bonus lagi. Kan bila begini bisa di bilang sama sama menguntungkan, pegawai anda tambah bersungguh-sungguh perjuangan anda tambah meningkat .
8. Biarkan pegawai anda libur sesekali
Yang namanya pekerja itu sering yang namanya stuck alias “mentok” dengan perasaan bosan, bosan merasa sangat lelah dengan pekerjaan dan acara yang mesti rutin dilaksanakan setiap hari.
Sebagai pekerja yang sudah jenuh niscaya sering beberapa kali berfikir rasanya kayak ingin berhenti saja dari pekerjaan ini.
Untuk itu sesekali berilah peluang pekerja untuk libur dan refreshing. tidak mesti terlalu sering, minimal setahun ada waktu piknik nya. Pekerja juga niscaya ingin libur dan menghabiskan waktu berkumpul dengan anak anak dan istrinya.
9. Tunjukkan Perhatian sebagai Atasan
Sebagai atasan telah sewajarnya anda memperhatikan karyawan anda, utamanya dalam hal pekerjaan. Contohnya Seperti yang telah aku singgung diatas, jangan sungkan untuk turun tangan untuk menolong pekerjaan karyawan anda.
Perhatian sepele kadang sungguh berari bagi seseorang dan tidak jarang bisa menenteng pengaruh yang besar.
10. Tetap Menghargai Karyawan
Ini yang paling penting berdasarkan saya, ialah tetap menghargai karyawan.
tidak perduli mau setinggi apapun jabatan kita, kita tetap mesti yang namanya menghargai karyawan. Walaupun karyawan itu bawahan kita mereka tetap manusia yang sama dengan kita. Mereka mempunyai
Mungkin Cuma itu yang bisa berwirausaha bagikan pada potensi kali ini ihwal Cara efektif untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Kinerja Pegawai.
Semoga berguna dan hingga jumpa
Comments
Post a Comment